Sabtu, 22 November 2014

Bisnis Ayam Bakar

AYAM BAKAR


 A.   Pengenalan Produk
Ayam bakar merupakan salah satu makanan kuliner yang disukai hampir semua orang. Kelezatan dari ayam bakar ini di padu dengan bumbu yang gurih dan sambal yang menambah sensasi kelezatan di lidah para pencinta kuliner sehingga banyak orang selalu ketagihan akan jenis kuliner yang satu ini.
Ayam bakar biasanya menggunakan ayam yang berukuran sedang dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, bawang merah ketumbar, merica, kunyit, garam dan lain-lain. Ayam yang biasa disajikan sudah diungkep terlebih dahulu dan baru dibakar pada saat pembeli datang.  Kuliner yang satu ini disajikan bersama nasi putih, sambal dan lalapan seperti mentimun, kol, daun kemangi.
B.    Gambaran Usaha
a.    Produk
Ayam bakar yang ada sekarang ini banyak jenisnya diantaranya ayam bakar mentega, ayam bakar madu, ayam bakar mentega, ayam bakar rica-rica. Ayam bakar  yang banyak di gerobak-gerobak di pinggir jalan adalah ayam bakar Sukabumi. Yang menjadi ciri khas dan keunggulan dari ayam bakar ini adalah bumbu dan sambalnya.

b.    Lokasi Usaha
Lokasi untuk jualan harus dislokasi yang ramai banyak orang, seperti pusat-pusat keramaian, persimpangan jalan, dan banyak pedagang makanan lain.
c.     Perlengkapan & Karyawan
Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain, gerobak, etalase, alat pemanggang, kipas angin/manual. Untuk memulai usaha ayam bakar gerobak bisa menggunakan karyawan cukup seorang saja.
d.    Promosi
Untuk promosi dapat menggunakan barnner atau spanduk, ciri khas dan aroma yang menarik.
e.    Penetapan Harga
Harga jual  satu ayam bakar sekitar Rp. 35.000,- harga bervareasi tergantung lokasi penjualan dan harga pasaran di asing-masing daerah.  Penjualan ayam bakar bisa di jual perpotong atau satu ekor ayam dipotong empat bagian misalnya dengan harga Rp. 10.000,-
f.  Promosi
Resiko usaha ini diantaranya kenaikan harga ayam potong sebagai bahan baku utama, kenaikan harga bahan pendukung lainnya seperti cabai, sayuran dan lain-lain. Isu-isu yang menyebabkan penurunan omset penjualan diantaranya isu flu burung, isu ayam tren, isu penyembelihan tidak sesuai dengan syariat (untuk keyakinan agama islam)

C.    Tip-Tips Usaha Usaha
a.    Gunakan Nama yang unik, singkat dan mudah diingat
b.    Penerangan yang cukup
c.     Bumbu dan sambal yang mantap

D.   Resep Ayam Bakar
Salah satu contoh resep ayam bakar adalah
Bahan-bahan
 1 ekor ayam
Santan 400 ml
2 buah Jeruk nipis
2 sdm minyak gorang

Bumbu
5 Siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 lembar daun jeruk
3 sdm kecap manis
sdm garam
1 cm kunyit

Cara Mambuat
1.    Rendam ayam dalam air jeruk nipis selama 30 menit, cuci kembali hingga bersih
2.    Haluskan bawang merah dan bawang putih, lalu tumis bersama daun jeruk
3.    Masukan ayam, tambahkan kecap manis, garam dan santan ungkep hingga airnya habis.
4.    Bakar ayam berbumbu hingga matang

E.    Analisis Usaha

Asumsi
1.       Gerobak dan etalase 3 tahun
2.       Pemanggang 2 tahun
3.       Peralatan masak, makanan dan perlengkapan yang lain 1 tahun.

a.    Biaya Investasi
Gerobak dan etalase                                                                                                         Rp. 3.000.000,-
Pemanggang ayam                                                                                                              Rp. 500.000,-
Peralatan masak (kompor, tabung gas, sodet, dan saringan) baskom, panci All                Rp. 500.000,-
Total Investasi                                                                                                                 Rp.4.000.000,-                           
b.    Biaya Operasional Perbulan
1.    Biaya tetap
1.       Penyusutan Gerobak dan etalase 1/36 x Rp.3.000.000,-                                              Rp. 83.333,-
2.       Penyusutan Pemanggang ayam 1/24 x Rp.500.000,-                                                   Rp. 80.833,-
3.       Penyusutan Peralatan masak (kompor, tabung gas, sodet, dan saringan)
baskom, panci All 1/12 x Rp.500.000,-                                                                              Rp. 41.667,-
4.       Total Biaya Tetap                                                                                                                                                               Rp. 454.833,-
2.    Biaya Variabel
1.       Ayam (25 ekor X Rp. 28.000,- x 30 hr)                                                                  Rp. 21.000.000,-
2.       Lalapan, Bumbu Rp. 100.000,- x 30 hr                                                                      Rp.3.000.000,-
3.       Arang Rp. 15.000,- x 30 hr                                                                                           Rp. 450.000,-
4.       Pembungkus & Kantong Rp. 10.000,- x 30 hr                                                             Rp. 300.000,-
5.       Listrik                                                                                                                             Rp. 50.000,- 6.       Transportasi Rp. 20.000,- x 30 hr                                                                                 Rp. 600.000,-
7.       Keamanan & Kebersihan Rp. 100.000,-                                                                       Rp. 100.000,-
8.       Upah Karyawan                                                                                                            Rp. 800.000,-
Total Biaya Variabel                                                                                                    Rp.26.300.000,-
Biaya Operasional Perbulan = Biaya tetap + Biaya variabel                                   Rp.26.445.833,-

c.     Penerimaan
Penjualan ayam bakar
Ayam (25 ekor X Rp. 40.000,- x 30 hr)                                                   Rp. 30.000.000,-

d.    Keuntungan
Keuntungan = Penerimaan – total biaya operasional
                                = Rp. 30.000.000,- - Rp.26.445.833,-
                                = Rp. 3.554.167,-

e.    Revenue Cost Ratio (R/C)
Revenue Coast (R/C) = Penerimaan :  total biaya operasional
                                         = Rp. 30.000.000,- :  Rp.26.445.833,-
                                         = 1.13
Revenue Coast (R/C) 1,13 artinya setiap modal yang dikeluarkan 1 rupiah menghasilkan keuntungan 1.13 rupiah, usaha ini layak untuk dilakukan
f.   Pay Back Period
Pay Back Period = (Total Investasi : Keuntungan )x 1 bulan
                      = Rp. 4.000.000,- :  Rp.3.554.167,- x 1 bulan
                      = 1.13 bulan
Pay Back Period adalah waktu titik inpas atau balik modal

Hanya untuk sharing & Semoga bermanfaat
untuk versi pdf silahkan download disini
terimakasih/hatur nuhun






1 komentar:

  1. Anya Bennett16/08/24, 15.08

    Saya ingin tahu apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan finansial Anda? Saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi Tn. Pedro Jerome (pedroloanss@gmail.com Whatsapp +393510140339) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk mendapatkan bantuan keuangan, jadi saya sangat yakin bahwa Tn. Pedro dapat membantu dengan layanan pinjaman suku bunga 2% kepada siapa pun di sini yang mencari pinjaman.
    Terima kasih sekali lagi karena telah mengizinkan saya menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberi Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi para pembaca Anda.
    Jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat meminta maaf sebelumnya.

    Salam Hormat Saya,
    Anya Bennett.

    BalasHapus

cs.herbalia@gmail.com